APA ITU IPKS

Pemuda merupaka individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. 
Pemuda juga disebut sebagai tulang punggung bangasa bahkan pemuda ini diartikan bahwa pemuda itu merupakan pondasi yang kuat yang sangat di takuti oleh bangsa-bangsa lain.
jadi banyak yang bertanya-tanya apa sih Ikatan Pemuda Kecamatan Susua atau di singkat IPKS yang sudah hampir 1 tahun lebih di isukan, jadi penulis akan menjawab pertanyaan kawan Ikatan Pemuda Kecamatan Susua adalah Wadah sosial seluruh Pemuda Kecamatan Susua, untuk bisa berbagi atau shering dengan sesama pemuda susua yang memiliki segudang pengalaman dan kreatifitas yang baik untuk dapat di implentasikan kepada masyarakat terutama kepada masyarakat susua.
Susua adalah salah satu nama sungai yang terbesar di pulau Nias selain sungai Muzoi dan sungai Oyo. Sungai Susua ini disebut sebagai sungai jantan yang mana aliranya airnya yang sangat kencang, yang artinya penulis mengambil satu kesimpulan bahwa orang susua adalah kuat dan pemberani.
Kecamatan Susua ini terletak di Kabupaten Nias Selatan kalau tidak salah sudah hampir kurang lebih 10 tahun di deklarasikan untuk dijadikan satu kecamatan yang mana pemekaran dari Kecamatan Gomo yang memiliki 18 Desa.
jadi yang menjadi pertanyaan saat ini, bagaimanakah kecamatan susua saat ini...?
mungkin pertanyaan penulis ini sama dengan kawan-kawan semua apalagi yang di luar pulau Nias 
menurut informasi baik dari media sosial seperti Facebook (FB), dan juga setiap ketemu dengan masyarakat susua saya selalau tanya perkembangannya maklum lah penulis ini sudah hampir 9 tahun tidak pernah pulang kekampung halaman hehehheheh.
tetapi berbagai jawaban antara lain
  1.  ada yang menyampaiakan masih seperti yang dulu
  2.  ada yang mengeluh masalah insfrakturtur jalan lintas dari kematan ke kabupaten belum ada perubahan 
  3. masalah listrik negara 
  4. masalah pendidikan 
  5. kurangnya mendapatkan informasi di sebabkan masalah jaringan yang tidak terjangkau 
  6. masalah ekonomi.

sesuai dengan kenyataan diatas penulis secara pribadi sangat merasa prihatin dengan tanah kelahiran ini, sampai kapan kah ini adanya keajaiban untuk kecamatan susua...??? tentu kita jawab masing-masing yah.
padalah jika ketahui bahwa di kecamatan susua saat ini memiliki segudang Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat dibuktikan dengan rasa kesatuan dan kekompakan masyarakat susua tahun 2014 waktu acara pesta rakyat Pemilihan Wakil Rakyat memenangkan putra/putri susua sebanya 3 orang, yang mana masyarakat berharap ini adalah merupakan perpanjangan tangan kita di pemerintah khususnya pemda Nias Selatan. nah, ini sudah berjalan mau habis masa periode apakah sudah terealisasiakan ansipirasi masayarakat susua atau tidak, mari renungkan dan kita jawab masing-masing.
maka dengan kenyataan ini, saat nyalah pemuda susua bangkit yang mana kita ketahui bahwa pemuda itu merupakan pondasi daharapan masyarakat susua yan memiliki kekuatan dan jiwa keberanian tinggi untuk melakukan terobosan baru yang bersifat membangun.
atas dasar ini lah semua pemuda susua baik yang berdomisil di Nias dan di luar Nias mengambil sebuh komitmen utnuk membentuk suatu Wadah Sosia yang bernama Ikatan Pemuda Kecamatan Susua yang disingkat IPKS, yang mana kita ketahui bersama sudah memulai program kerja nyata dengan mengadakan Natal IPKS pada tanggal 29 Desember 2016 yang dilaksanakan di Kota Kecamatan Susua tepat nya di Gereja BNKP Jemaat Sifalago susua, yang menjadi ketua pada saat itu adalah Bung HERMAN JAYA LAIA, S.IP yang merupakan pemuda terbaik susua lulusan s-1 di salah satu universitas di Jakarta, yang mana menurut penulis acaranya sudah bagus tinggal kedepan kita tingkatkan lagi untuk lebih bagus.
saat ini, kami mengajak kita semua yang merupakan pemuda kecamatan susua untuk mendukung wadah ini jauhakan alergi dengan Oraganisasi, jika kita ingin ada perubahan terhadap kecamatan susua sebab siap lagi kalau bukan kita dan kapan lagi kalau bukan sekarang.
pernah gak kita sadar bahawa Negara Indonesia ini sudah merdeka hampir 71 tahun lamanya apakah kecamatan susua sudah merdeka, ya bebas dari jajahan sudah tapi sesuai urain penberitaan susua dia atas apakah masih tutup mata, kepada pemerintah...? tentu kita sepaham semua bahwa kita bakar semagat kita bersama Ikatan Pemuda Kecamatan Susua untuk mendesak pemerintah agar melirik penderitaan kecamatan susua ini secara keseluruhan. tentu melakukan ini tidak bisa dilakukan oleh beberapa orang saja melainkan jika kita rapatkan barisan seluruh pemuda kecamatan susua yang memiliki segudang pengalaman dan pendidikan. saya percaya jika ini terjadi satu persatu penderitaan ini akan dijawab oleh pemda Nias Selatan dan Pemerintah Pusat.
Demikian jika ada yang tida berkenan mohon maaf dan juga penulis mengaharapkan saran dan kritik untuk tulisan ini agar untuk tulisan selanjutnya menjadi bahan kepada penulis.

SALAM PEMUDA SUSUA
IKATAN PEMUDA KECAMATAN SUSUA (IPKS)

EPRISMAN ARIANAJAYA NDRURU, S.H /penulis




Komentar

Postingan Populer